Apakah Anda ingin memblokir alamat IP tertentu dari mengakses situs WordPress Anda? Memblokir alamat IP digunakan sebagai solusi untuk memblokir serangan spam dan hacking di situs Anda. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara memblokir alamat IP di WordPress, dan kami juga akan menunjukkan cara untuk mengetahui alamat IP yang perlu diblokir.

Apa itu Alamat IP?

Jika internet adalah dunia fisik, maka pikirkan alamat IP sebagai negara, jalan, dan nomor rumah. Mereka pada dasarnya adalah 4 set angka dari 0-255 yang dipisahkan oleh titik-titik dan terlihat seperti ini:

172.16.254.1

Setiap komputer yang terhubung ke internet memiliki alamat IP yang ditetapkan oleh penyedia layanan internet mereka.

Semua pengunjung situs web Anda memiliki alamat IP yang tersimpan di file log akses situs web Anda. Ini berarti semua situs yang Anda kunjungi juga menyimpan alamat IP Anda.

Anda dapat menyembunyikan informasi ini dengan menggunakan layanan VPN. Ini memungkinkan Anda menyembunyikan alamat IP dan informasi pribadi lainnya.

Mengapa & Kapan Anda Perlu Memblokir Alamat IP?

Memblokir alamat IP dari mengakses situs web Anda adalah cara yang efektif untuk menangani pengunjung yang tidak diinginkan, komentar spam, email spam, upaya hacking, dan serangan DDOS (denial of service).

Tanda yang paling umum bahwa situs Anda berada di bawah serangan DDOS adalah bahwa situs web Anda akan sering tidak dapat diakses atau halaman Anda akan mulai mengambil selamanya untuk memuat.

Serangan lainnya lebih jelas seperti saat Anda mulai mendapatkan komentar spam atau banyak email spam dari formulir kontak Anda. Kami memiliki daftar cara untuk melawan komentar spam, tapi solusi terakhir adalah memblokir alamat IP.

Mencari Out Alamat IP Anda Ingin Blokir di WordPress

WordPress menyimpan alamat IP untuk pengguna yang memberi komentar di situs Anda. Anda dapat melihat alamat IP mereka dengan mengunjungi halaman komentar di area admin WordPress Anda.

Baca Artikel Terkait :  Cara Masuk Safe Mode di Windows 10

Jika situs Anda berada di bawah serangan DDOS, maka cara terbaik untuk menemukan alamat IP adalah dengan memeriksa log akses server Anda.

Untuk melihat log tersebut, Anda perlu masuk ke dasbor cPanel dari akun hosting WordPress Anda. Selanjutnya, cari bagian ‘log’ dan klik pada ikon ‘Raw Access Logs’.

Ini akan membawa Anda ke halaman log akses di mana Anda perlu mengklik nama domain Anda untuk mendownload file akses log.

File log akses Anda akan berada di dalam file arsip .gz. Silakan mengekstrak file dengan mengkliknya. Jika komputer Anda tidak memiliki program untuk menangani file arsip .gz, Anda perlu menginstalnya. Winzip atau 7-zip adalah dua pilihan populer di kalangan pengguna Windows.

Di dalam arsip, Anda akan melihat file log akses yang dapat Anda buka di editor teks biasa seperti Notepad atau TextEdit.

File log akses berisi data mentah semua permintaan yang dibuat ke situs web Anda. Setiap baris dimulai dengan alamat IP yang membuat permintaan itu.

Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak menghentikan pemblokiran, pengguna legit, atau mesin telusur untuk mengakses situs web Anda. Salin alamat IP yang mencurigakan dan gunakan alat pencarian IP online untuk mengetahui lebih banyak tentangnya.

Anda harus hati-hati melihat log akses Anda untuk jumlah permintaan yang luar biasa tinggi yang mencurigakan dari alamat IP tertentu. Tip: ada cara untuk mengotomatisasi ini yang kita bagikan di bagian bawah artikel ini.

Setelah Anda menemukan alamat IP tersebut, Anda perlu menyalin dan menempelkannya ke file teks terpisah.

Memblokir Alamat IP di WordPress

Jika Anda hanya ingin menghentikan pengguna dengan alamat IP tertentu agar tidak memberikan komentar di situs Anda, Anda dapat melakukannya di area admin WordPress Anda.

Kepala ke halaman Pengaturan »Diskusi dan gulir ke bawah ke kotak teks ‘Komentar Blacklist’.

Baca Artikel Terkait :  3 Situs Yang Menawarkan Hosting Gratis Terbaik Unlimited

Copy dan paste alamat IP yang ingin anda blok lalu klik tombol save changes.

WordPress sekarang akan memblokir pengguna dengan alamat IP ini agar tidak memberikan komentar di situs Anda. Pengguna ini tetap dapat mengunjungi situs web Anda, namun mereka akan melihat pesan kesalahan saat mereka mencoba mengirimkan komentar.

Memblokir Alamat IP Menggunakan cPanel

Metode ini benar-benar memblokir alamat IP untuk mengakses atau melihat situs web Anda. Anda harus menggunakan metode ini saat Anda ingin melindungi situs WordPress dari upaya hacking dan serangan DDOS.

Pertama, Anda perlu masuk ke dashboard cPanel dari akun hosting Anda. Sekarang gulir ke bawah ke bagian keamanan dan klik ikon ‘Address IP Deny Manager’.

Ini akan membawa Anda ke alat IP Address Deny Manager. Di sini Anda bisa menambahkan alamat IP yang ingin Anda blokir. Anda dapat menambahkan satu alamat IP atau rentang IP dan kemudian klik tombol tambah.

Ketika IP Address Blocking Tidak Bekerja – Otomatiskan!

Memblokir alamat IP akan bekerja jika Anda hanya memblokir beberapa usaha hacking dasar, pengguna tertentu, atau pengguna dari wilayah atau negara tertentu.

Namun, banyak upaya hacking dan serangan dilakukan dengan menggunakan berbagai alamat IP acak dari seluruh dunia. Tidak mungkin bagi Anda untuk mengikuti semua alamat IP acak itu.

Saat itulah Anda memerlukan Firewall Aplikasi Web (WAF). Untuk situs WPBeginner, kita menggunakan Sucuri. Ini adalah layanan keamanan situs web yang melindungi situs Anda dari serangan semacam itu menggunakan firewall aplikasi situs web.

Pada dasarnya, semua lalu lintas situs web Anda melewati server mereka yang diteliti untuk aktivitas yang mencurigakan. Ini secara otomatis memblokir alamat IP yang mencurigakan agar tidak sampai ke situs web Anda sama sekali. Lihat bagaimana Sucuri membantu kami memblokir 450.000 serangan WordPress dalam 3 bulan.