Saat Anda mengalami masalah dengan komputer Windows, salah satu langkah pertama untuk mengatasi masalah adalah dengan boot ke Windows ‘Safe Mode Windows 10. Safe Mode adalah versi sistem operasi yang sederhana dan dilucuti, hanya memuat file dan driver yang paling penting. Ini adalah cara untuk menghilangkan variabel sebanyak mungkin, dan untuk memastikan bahwa masalahnya tidak berasal pada tingkat paling dasar ini. Ini adalah tempat yang tepat untuk memindai malware, misalnya.

Tapi cara lama masuk ke Safe Mode-booting PC dan menekan F8 pada saat yang tepat-jarang bekerja pada PC yang menjalankan Windows 10. Teknik-teknik ini akan:

Jika Anda berhasil boot ke Windows, booting ke Safe Mode relatif mudah-jika Anda tahu triknya.

Baca Artikel Terkait :  Cara Memperbaiki Error "Missing a Temporary Folder" di WordPress

Cara Masuk Safe Mode di Windows 10

Klik atau tekan tombol Start, dan kemudian tombol Power. Tahan tombol Shift saat Anda memilih Restart

Troubleshoot> Advanced options> Startup Settings.

Di layar Pengaturan Awal, tekan tombol Restart. PC akan reboot, dan membawa Anda ke layar Startup Settings.

Gunakan tombol panah pada keyboard Anda untuk memilih Enable Safe Mode atau Enable Safe Mode with Networking.

Tapi bagaimana jika keadaan begitu buruk sehingga Anda tidak bisa berhasil booting sistem operasi?

Coba booting sih. Jika Anda bisa masuk ke layar masuk, Anda akan menemukan ikon daya di pojok kanan bawah. Instruksi di atas bekerja di sana.

Tapi bagaimana jika Anda tidak bisa masuk ke layar login? Dalam kasus itu, kemungkinan Windows begitu kacau sehingga tidak bisa boot ke Safe Mode. Tapi inilah trik yang bisa berhasil:

Baca Artikel Terkait :  14 Tips Penting untuk Melindungi Area Admin di Wordpress

Anda memerlukan Windows 10 Recovery Drive, yang mudah-mudahan Anda buat saat PC Anda bekerja. Boot the Recovery Drive dan pilih layout keyboard Anda. Kemudian pilih Troubleshoot> Advanced options> Command Prompt. Pada command prompt, masukkan tiga baris ini, pastikan untuk menekan Enter di akhir masing-masing:

  • c:
  • bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy
  • exit

Pilih Matikan PC Anda. Boot komputer dan tekan berulang kali dan lepaskan F8 sampai menu Advanced Boot Options muncul. Kemudian Anda bisa memilih Safe Mode atau Safe Mode dengan Networking.